Gitar – gitar Matt Belamy

Gitaris Muse, Matthew Bellamy, mempunyai sejumlah gitar yang unik dan aneh yang akan membuat kita penasaran. Gitar-gitar inilah yang bisa membuat Matt Bellamy mengeluarkan suara-suara aneh dan berbagai macam efek lainnya. Berikut adalah beberapa gitarnya :

  • Red Glitter Manson
    status : masih dipakaiMerupakan gitar baru dari Hugh Manson yang menggunakan Kaoss Pad, setelah M1D1 Manson, menggunakan bridge pick up dan sustainer system seperti Black Kaoss Manson, tetapi dengan tampilan yang menarik.
    Awalnya Matt Bellamy menginginkan gitar dengan tampilan yang memanjakan mata dan Hugh Manson mewujudkannya dengan menambahkan glitter bewarna pink yang terinspirasi dari kartu natal.
    Gitar replika asli dari Red Glitter Manson dapat dibeli di Manson Online Shop dengan harga £ 3,199. Jikan ingin dibuilt in sebuah MIDI Screen harga menjadi £ 3,499. Dan untuk menambahkan Alloy Machine Head seperti pada Silver Manson dan Ali Top Manson harga bertambah £ 200.
    Gitar ini pertama kali digunakan di Rockhal Festival di Luxemburg pada 26 Mei 2007. Red Glitter Manson pernah mengundang perhatian para fans setelah Matt menghantamkannya ke Amplifiyer di Zaggreb Cibona Hall, tetapi kembali digunakan tanpa kerusakan sedikit pun. Selain itu Matt juga pernah mencoba menghancurkan gitar ini di Brisbane Riverstage, Australia. Beberapa fans mengantakan necknya telas lepas dari body gitar. Setelah peristiwa itu, Red Glitter Manson digunakan kembali di KROQ Acoustic Christmas pada Desember 2007.
  • 007 Manson
    status : masih digunakanMatt Bellamy meminta Hugh Manson apakah bisa mem-built in gitar dengan sebuah whammy pedal, dia menjawab tentu bisa. Percobaan pertama dia menggunakan whammy pedal sungguhan yang dipreteli dan ditanam ke dalam sebuah gitar. Berhasil memang, tapi hanya dapat bertahan 40 detik dengan full battery.
    Kemudian dia menggunakan whammy pedal modern, yaitu MIDI controller system, dan Hugh Manson meminta bantuan seorang teman untuk dapat mengatur MIDI Controller tersebut dari gitar. Lalu dia menggunakan linear port dari samping keyboard menjadi MIDI Controller dan menambahkan microprossesor untuk mengontrol whammy.
    Untungnya, alat itu tak hanya bisa mengontrol whammy saja, tapi juga dapat mengontrol Kaoss Pad dan lampu untuk naik turun. Dan 007 Manson menjadi gitar pertama didunia yang menggunakan MIDI Controller, di seluruh dunia.
    Gitar ini juga digunakan dalam video klip Time is Running Out. Para fans mengenal gitar ini dengan nama Black Manson. Pada Absolution Tour DVD, terdapat sedikit potongan ketika Muse memainkan ending dari Stockholm Syndrome (hidden track The Groove at Cincinnati, San Diego) pada acara Brick by Bricks di sebuar bar kecil di Amerika. Ketika keluar dari panggung Matt Bellamy melempar gitar ini ke dalam tong sampah. Sialnya, ada seorang pria yang mengambilnya dan nekat membawanya pulang. Tapi akhirnya gitar itu kembali kepada Matt Bellamy.
  • Bomber Manson
    status : diistirahatkanbmMatt Bellamy menginginkan gitar baru dengan bridge tremolo (abdon). Dan Hugh Manson menambahkan chrome plate pada body guitar. Dia juga menambahkan mur (rivets) pesawat untuk memberikan kesan World War II pada tahun 1945 pada gitar ini. Dan sentuhan akhirnya, dia memberikan air brush dengan effects bluey purple, cukup keren. Dan terciptalah gitar dengan bentuk menyerupai sapap pesawat B52 Bomber.
    Gitar ini terdapat di US version dari video klip Hysteria dan Starlight. MIDI Strip gitar ini diambil dari JP-8000 keyboard. Dan menjadi satu-satunya Manson Guitar yang menggunakan neck gitar merk lain, yaitu Ibanez Superstat.
  • M One D One Manson
    status : patah dibantingM1D1 Manson adalah gitar yang Hugh Manson untuk direview di majalah Guitarist Magazine. Nama M1D1 Manson berasal dari seseorang yang bingung menafsirkan kata ‘Midi’ menjadi ‘M1D1′. Aslinya gitar ini milik Hugh Manson, tetapi dibeli oleh Matthew Bellamy buat koleksi.
    Gitar ini telah remuk saat Matt membantingnya di Fuji Rock Festival tanggal 27 July 2007 setelah lagu Stockholm Syndrome. Gitar yang telah patah ini sekarang dipajang di Manson Guitar Shop di Exeter, barangkali ada yang mau mampir. M1D1 Manson memulai debutnya di Milan tanggal 7 Juni 2006.
    Rumornya, gitar ini sering membuat malu Matt karena sering mal-fungtion atau hang jika dalam istilah komputer. Contohnya ketika New Born live at Eden Project 2006. Memang bukan cuma M1D1 Manson, tetapi 007 Manson pun pernah mengalaminya saat Stockholm Syndrome live at Imola, Spain 2004. Untung kru Muse cepat tanggap dan langsung mengganti gitarnya menjadi Silver Manson.
  • 7 Sring E Manson
    status : masih dipakaiGitar ini aslinya adalah pesanan seseorang musisi jazz yang entah mengapa tak pernah diambil. Gitar ini memakai 7 senar dan tanpa bridge pick up, hanya neck pick up dan sebuah bridge transducer (7 strings) custom made dengan Mike Christian Saddless. Matthew Bellamy suatu ketika datang ke Hugh Manson dan mengatakan dia butu gitar tujuh senar untuk sebuah lagu. Hugh Manson tentu langsung menawarkan gitar ini karena tak pernah diambil pemiliknya.
    Ketika dicoba ternyata Matt puas dan membawanya pulang. Yang unik, gitar ini hanya digunakan untuk lagu Citizen Erased dengan tunimg AADDGBe. 7 String E Manson ternyata juga pernah memakan korban. Tepatnya di Atlanta tahun 2004, atau lebih dikenal dengan nama Atlanta Incident. Ketika itu bibir Matt berdarah-darah terkena headneck gitar ini karena kebanyakan tingkah. Konser pun dibatalkan dan Matt Bellamy langsung dilarikan ke rumah sakit.
  • Mirror Manson
    status : masih dipakaiSering lihat gitar Matt Bellamy yang berkilau karena cerminnya? Itulah gitar ini. Mirror Manson identik dengan lagu-lagu seperti Plug in Baby dan Blackout. Gitar ini sebenarnya menggatikan Silver Manson yang sudah renta karena keseringan dibanting. Yang paling ditonjolkan pada Mirror Manson selain body-nya adalah Z. Vex Fuzz Factory-nya, yang telah menjadi menu wajib dalam lagu Blackout dan Plug in Baby. Dikenal juga dengan nama Earls Court Manson, karena debutnya di mulai di Earls Court, London tanggal 19 dan 20 Desember 2004. Menurut riwayatnya, gitar ini belum pernah dianak tirikan alias dibanting.
  • Chrome Bomber Manson
    status : masih dipakaiMatthew Bellamy sangat membutuhkan gitar baru ketika Rust Relic Manson telah terjual, dan Chrome Bomber Manson pun menjadi pilihannya. Mengapdosi spefikasi dari Bomber Manson tapi dengan tambahan Z. Vex Fuzz Factory dan Ibanez Lo Pro Floyd Rose Tremolo serta tanpa MIDI Strip ataupun killswitch.
    Sebagai generasi penerus dari Bomber Manson, tentu gitar ini pun mengambil alih lagu-lagu yang biasa dimainkan dengan gitar tersebut, seperti Bliss, Hysteria, dan Knight of Cydonia (lagu-lagu yang menggunakan tremolo). Chrome Bomber Manson dapat ditemukan di video klip Knight of Cydonia.
  • Silver Manson
    status : pensiunAwalnya Matt Bellamy datang ke Manson Guitar Shop dan meminta Hugh Manson untuk membuatkan sebuah gitar untuknya. Dia mempunyai ide untuk menginginkan seperti apa gitar yang diinginkannya, dan mereka pun berhasil membuat kombinasi dari rancangan Hugh Manson dan ide-ide Matt. Mereka berdua pun sangat puas dengan hasil akhirnya.
    Gitar ini merupakan gitar pertama Matt Bellamy yang menggunakan nama Manson dan dibuat oleh Hug Manson. Dilengkapi dengan Z. Vex Fuzz Factory, MXR Phase 90, Graphtech Ghost Acoustic saddles, Roland GK-2a MIDI pickup, dan killswitch. Bodinya pun hanya dilapisi cat alumunium. Mulai digunakan sejak era Origin of Symmetry Tour tahun 2001.
    Silver Manson digunakan pada video klip lagu Hyper Music dan Dead Star. Sebenarnya Matt membeli Silver Manson sesaat sebelum syuting klip Hyper Music. Dan akhirnya gitar ini diistirahatkan saat dimulainya Black Holes and Revelations Tour. Nama asli gitar ini sebenarnya Dolorean Manson, tetapi lebih dikenal dengan nama Silver Manson.
  • Lazer Manson
    status : diistirahatkanSatu lagi gitar unik dari Muse. Cermin retak di body guitar ini sebenarnya ide dari Hugh Manson. Sedangkan lasernya terkoneksi dengan micro processor. Yang menjadi masalah adalah saat laser ini dihidupkan kita membutuhkan asap, karena laser menjadi tak berguna tanpa asap dan kegelapan. Ditambah jika kamu seorang penyanyi maka hal yang harus dihindari adalah asap. Bermasalah, bukan?
    Selain bodinya yang keren, effects internalnya pun juga yahud. Ada Z. Vex Fuzz Factory, MXR Phase 90, Graphtech Ghost Acoustic saddless, Roland GK-2a MIDI pickup, dan killswitch. Untuk pickup Matt percaya kepada Bare Knuckle Nailbomb Humbucker dan Mississipi Queen.
    Gitar ini pertama kali digunakan pada 2002, saat rekaman album Absolution. Dan akhirnya diistirahatkan saat tur di Amerika Serikat tahun 2007. Dapat dilihat di The Making of The Small Print dan pada saat tersebut dapat disaksikan aksi laser dari Lazer Manson.
  • Black Kaoss Manson
  • status : masih dipakai


    Black Kaoss Manson adalah gitar pertama Matthew Bellamy yang menggunakan X-Y Midi Controller untuk mengontrol beberapa effects seperti Korg Kaoss Pad, Digitech Whammy, atau lainnya. Fitur ini pun akhirnya juga digunakan pada gitar-gitar Matt Bellamy selanjutnya seperti Red Glitter Manson dan Black Midi Manson. Gitar ini juga telah dipersenjatai P90 di bridge dan Fernandes Sustainer pick up di necknya.
    Gitar ini memulai debutnya saat Radio 1′st Weekend tanggal 13 Mei 2006. Digunakan juga pada video klip Invincible, dimana pada lagu tersebut Black Kaoss Manson menjadi gitar wajib di setiap aksi livenya. Nama asli gitar ini sebenarnya Kaoss Manson, tapi oleh para fans disebut Black Kaoss Manson.

  • Ali Top Manson
    status : masih dipakai
  • Ali Top Manson dibuat Hugh Manson pada akhir 2006 atau awal 2007. Gitar ini merupakan renovasi dari Silver Manson. Silver Manson dipreteli, dicat ulang, dan ditambahkanlah Ibanez Lo Pro Tremolo (dengan locking nut). Ide bagus memang meng-uprade kembali gitar yang sudah diistirahatkan dari perang. Yang unik, tak ada effects internal dalam gitar ini, dan mengukir sejarah menjadi yang pertama dari gitar-gitar yang dibuat oleh Hugh Manson.
    Ali Top Manson memulai debutnya saat di Singapura tanggal 16 Januari 2007. Gitar ini hanya pernah digunakan untuk memainkan lagu Hysteria, Knight of Cydonia, dan Muscle Museum. Tak ada penjelasan mengapa gitar ini diberi nama Ali Top, yang similiar dengan nama arab.
  • Black Midi Manson
    status : masih dipakaiBlack Midi Manson dibuat dua bulan setelah M1D1 Manson dibanting. Pick up M1D1 Manson (Bare Knuckle Nailbomb Humbuckers di bridge dan Fernandes Sustainer di necknya) diambil dan dibuilt-in kedalam gitar ini, eman-eman jika dibuang soalnya. Dan sebagai tambahannya, Black Midi Manson menjadi gitar pertama Matthew Bellamy yang menggunakan Tronical PowerTune Automatic Guitar Tuning System.
    Black Midi Manson dikenal kalangan penggemar dengan nama Seattle Manson karena gitar ini memulai debutnya saat gig di Seattle tanggal 9 September 2007, malam pertama dari Black Holes and Revelations Tour di Amerika Serikat.
    Tuning yang biasa digunakan dalam gitar ini adalah DADGBE (Drop D), CADGBE (Drop C), EbAbDbGbBbEb (Eb Tuning). Fury dan Starlight menggunakan Eb Tuning, Dead Star, New Born, dan Stockholm Syndrome dalam Drop D, serta Map of The Problematique dengan Drop C.
    Replika asli dari Seattle Manson dan Red Glitter Manson dapat dibeli di Manson Online Shop. MB-1 (Matthew Bellamy series 1) memulai harganya dari £ 3,099 untuk versi warna hitam, jika ditambah Midi Screen menjadi £ 300. Dan jika ditambah lagi dengan Machine head custom harga finalnya £ 250 (exclude ongkir).
  • Keytarcaster Manson
    status : newbieKeytarcaster Manson merupakan gitar pertama Matt Bellamy yang dibuilt-in Hugh Manson yang tak mempunyai picks up maupun senar. Sebagai gantinya di tempat seharusnya picks up berada tergantikan dengan dua octave keyboard (pianika) dan di papan fretboard terdapat tombol-tombol yang menggatikan unsur tuts unsur tuts piano/synth.
    Dengan bentuk ‘Mattocaster’ klasik, dengan tangan kanan memainkan note bass atau synth pada necknya. Untuk Sementara Keytarcaster Manson hanya digunakan pada lagu Undisclosed Desires, kecuali jika Matt berkreasi dan membuat lagu baru dengan alat ini.
    Keytar ini dapat dilihat di video klip Undisclosed Desires yang dirilis di MySpace tanggal 3 November 2009. Oh,ya. Keytarcaster Manson memulai debutnya saat Muse melakukan pembukaan The Resistance Tour di Teignmouth yang merupakan rumah Muse di masa kecil.
  • Perihal rifas
    seseorang yang sedang mencari jati diri...

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: